Blogroll

SELAMAT DATANG DI BLOG BANYUWANGI BERSATU YANG SEDERHANA INI | TWITTER: @BwiBERSATU | IG: @bwibersatu | Grup FB : BANYUWANGI BERSATU....

Rabu, 09 April 2014

Bawaslu Jatim Rekom coblosa ulang di TPS 10 Genteng Banyuwangi

Genteng- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur merekomendasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat untuk digelar pemungutan suara ulang di TPS 10 Genteng, Banyuwangi. Pasalnya, surat suara di TPS 10 Genteng tertukar dan sudah tercoblos di Mojokerto.
Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jatim, Sri Sugeng Pujiatmiko mengatakan, satu TPS di Banyuwangi, sampul hijau surat suara DPRD kabupaten isi DPRD provinsi Daerah Pemilihan (Dapil) lain. “Kita merekom pemungutan ulang karena surat suara yang tertukar sudah terlanjur dicoblos,” ungkapnya, Rabu (09/04/2014)
Sri Sugeng juga mengungkapkan, sebelumnya di Banyuwangi sudah terdekteksi sebanyak 14 ribu lebih salah taruh amplop dan sudah dilakukan pengemasan ulang. Dimungkinkan, lanjut Sugeng, surat suara di satu TPS tersebut belum dikeluarkan dan dikemas ulang.
“Kita masih menunggu kebijakan KPU pusat dan KPU propinsi masih melakukan koordinasi dengan KPU pusat karena KPU pusat yang memiliki kewenangan. Untuk surat suara yang tertukar dan sudah dicoblos ini, belum ada kepastian hukumnya. Suara milik partai, masuk suara tidak sah atau pemungutan suara ulang,” katanya.
Sugeng menjelaskan, hampir di seluruh  kabupaten/kota terjadi hal yang sama yakni tertukar dan kekurangan. Laporan yang diterima pihaknya, selain di Banyuwangi, surat suara tertukar juga terjadi di Bojonegoro, Sampang, Ponorogo, Sidoarjo, Sumenep dan Mojokerto namun tidak sampai dicoblos karena sudah terdeteksi.
“Selain itu, juga ada laporan money politik di Surabaya dan Kediri. Tahapan saat ini, setiap orang yang melakukan money politik ditindak. Saat ini proses di Panwas, di Blitar juga ditemukan 55 surat suara sudah dicoblos, KPPS tertangkap agar dilakukan klarifikasi untuk dilakukan  pemeriksaan di teman-teman kepolisian,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar